RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP Negeri 5 Tana Righu |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang |
Kompetensi Dasar | : | 1.1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi |
Alokasi Waktu | : | 2 x pertemuan (4 x 40 menit) |
A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
v Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi dengan tepat, teliti dan disiplin
v Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi teknologi informasi
v Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi elektronika
v Melalui setudi pustaka peserta didik dapat :
v Menjelaskan pengertian dan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang telekomunikasi
B. Materi Pembelajaran
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
a. Bidang telekomunikasi
b. Bidang teknologi informasi
c. Bidang Elektronika
Fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi
C. Metode Pembelajaran
Ceramah Bervariasi
Tanya Jawab
Diskusi
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
· Memberika motivasi pentingnya TIK
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip dan belajar dari aneka sumber;
F Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
§ Konfirmasi
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menerangkan tentang fungsi peralatan TIK
· Memberikan motivasi dalam kegiatan pembelajaran
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Menyampaikan sejarah perkembangan TIK dari tradisonal samapai moderen
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
§ Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan lembar kerja
E. Sumber Belajar
Buku Paket : Teknologi Informatika dan kamunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (KTSP 2006).
Buku Paket : Teknologi Informatika dan Komunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004)
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Tehnik : tes Tulis
Tes Lisan
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 5 Tana Righu ( Melkianus Nono Toda, S. Pd ) Nip. 19661231 200112 1 033 | | Loko Ry, .......,......................, 2012 Guru Mata pelajaran (Saifullah, S. Pd) |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP Negeri 5 Tana Righu |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang |
Kompetensi Dasar | : | 1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang |
Alokasi Waktu | : | 2 x pertemuan ( 4 x 40 ) |
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
· Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi
· Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang informasi
· Menjelaskan perkembangan perangkat Tik dalam bidang etika
· Mendeskripskan perkembangan perangkat TIK beserta fungsinya dan dampaknya
B. Materi Pembelajaran
- Sejarah tentang perkembangan bidang telekomunikasi
- Sejarah tentang perkembangan komunikasi
- Sejarah tentang perkembangan informasi
- Perangkat-perangkat TIK dari tradisional sampai modern
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Ceramah Bervariasi
Tanya Jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Menjelaskan peserta didik tentang keuntungan dan kerugian dampak TIK
F Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang sejarah perkembangan TIK
F Menjelaskan fungsi beberapa perangkat TIK
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
§ Elaborasi
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
§ Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Menyampaikan sejarah perkembangan TIK dari tradisonal samapai moderen
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
§ Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan lembar kerja
E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, lembar kerja).
Buku Paket : Teknologi Informatika dan kamunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (KTSP 2006).
Buku Paket : Teknologi Informatika dan Komunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004)
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi Ø Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya | Tes tertulis Ter tertulis | Uraian/ Uraian | Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi! Deskripsikanlah fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan perkembangan penemuannya! |
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 5 Tana Righu ( Melkianus Nono Toda, S. Pd ) Nip. 19661231 200112 1 033 | | Loko Ry, ……, ……………. 2012 Guru Mata Pelajaran. (Saifullah, S. Pd) |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP Negeri 5 Tana Righu | |||
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) | |||
Kelas / Semester | : | VII / 1 | |||
Standar Kompetensi | : | Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa mendatang | |||
Kompetensi Dasar | : | 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari. | |||
Alokasi Waktu | : | 1 X pertemuan (2 x 40 menit. | |||
A. Tujuan Pembelajaran | |||||
Peserta didik mampu :
| |||||
B. Materi Pembelajaran :
| |||||
C. Metode Pembelajaran :
| |||||
D. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
apresiasi dan motivasi :
§ Eksplorasi F Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan. F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan § Elaborasi F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi F Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang. § Konfirmasi F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik, F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan, 3. Kegiatan Penutup F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan. F Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari. | |||||
E. Sumber Pembelajaran : Buku Paket : Teknologi Informatika dan kamunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (KTSP 2006). Buku Paket : Teknologi Informatika dan Komunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004) | |||||
F. Penilaian : Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
| Nama Sekolah | : | SMP Negeri 5 Tana Righu | ||||||||||||||
| Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi | ||||||||||||||
| Kelas / Semester | : | VII / 1 | ||||||||||||||
| Standar Kompetensi | : | Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa mendatang | ||||||||||||||
| Kompetensi Dasar | : | 1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. | ||||||||||||||
| Alokasi Waktu | : | 2 X Pertemuan (4 x 40 menit. | ||||||||||||||
| | | | ||||||||||||||
A. | Tujuan Pembelajaran | | | ||||||||||||||
| Peserta didik mampu : · Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. · Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan kkomunikasi. | ||||||||||||||||
B. | Materi Pembelajaran : · Keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. · Keuntungan penggunaan produk teknologi informasi dan komunikasi. | ||||||||||||||||
C. | Metode Pembelajaran : · Diskusi dan ceramah · Tanya Jawab | ||||||||||||||||
D. | Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran. Pertemuan pertama 1. Kegiatan Pendahuluan : apresiasi dan motivasi : a. Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan keuntungan menggunakan perangkat dan produk teknologi informasi dan komunikasi. b. Menyampaikan tujuan pembelajaran 2. Kegiatan Inti: § Eksplorasi F Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang. F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan § Elaborasi F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas. F Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. § Konfirmasi F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik, F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan, 3. Kegiatan Penutup F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan. F Menarik kesimpulan tentang keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang. Pertemuan kedua 1. Kegiatan Pendahuluan : Apresiasi dan motivasi : a. Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan keuntungan menggunakan produk teknologi informasi dan komunikasi. b. Menyampaikan tujuan pembelajaran 2. Kegiatan Inti: § Eksplorasi F Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang. F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan § Elaborasi F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas. F Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. § Konfirmasi F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik, F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan, 3. Kegiatan Penutup F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan. F Menarik kesimpulan tentang keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang. | ||||||||||||||||
E. | Sumber / Alat pembelajaran : · Perangkat TIK · Buku Paket : Teknologi Informatika dan kamunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (KTSP 2006). · Buku Paket : Teknologi Informatika dan Komunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004) | ||||||||||||||||
F. | Penilaian : Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP Negeri 5 Tana Righu |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang |
Kompetensi Dasar | : | 1.5 Mengidentifikasiberbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi . |
Alokasi Waktu | : | 2 x pertemuan ( 4 x 40 menit ) |
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
- Mengidetifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
- Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan tekonologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.
- Menjelaskan dampak negatif penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
- Menjelaskan dampak negatif dari produk yang dihasilakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi .
B. Materi Pembelajaran
Perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak negatif
· Bidang telekomunikasi
· Bidang teknologi informasi
· Bidang Elektronika
Produk yang dihasilkan dari teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak negatif.
· Bidang telekomunikasi
· Bidang teknologi dan informasi.
· Bidang Elektronika.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan kepada peserta didik tentang dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Menjelaskan produk teknologi dan informasi dan komunikasi yang dapat berdampak negatif.
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas.
F Memberikan contoh dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
§ Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan kepada peserta didik tentang produk yang dihasilkan oleh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang berdanpak negatif
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Menjelaskan produk teknologi dan informasi dan komunikasi yang dapat berdampak negatif.
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Memberikan contoh dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
§ Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi
E. Sumber Belajar
· Perangkat TIK (Leptop, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.
· Buku Paket : Teknologi Informatika dan kamunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (KTSP 2006).
· Buku Paket : Teknologi Informatika dan Komunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004)
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 5 Tana Righu ( Melkianus Nono Toda, S. Pd ) Nip. 19661231 200112 1 033 | | Loko Ry, ………, ……………. 2012 Guru Mata Pelajaran. (Saifullah, S. Pd) |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP Negeri 5 Tana Righu |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer |
Kompetensi Dasar | : | 2.1 Mengaktifkan komputer sesuai prosedur |
Alokasi Waktu | : | 2 x pertemuan (4 x 40 menit) |
A. Tujuan Pembelajaran
· Menunjukan tombol - tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
· Menjelaskan fungsi tombol-tombol yang digunakan untuk menghidupkan komputer
· Menjelaskan langkah-langkah menghidupkan komputer ( proses cold boot ) atau memulai Windows secara tepat dan benar
B. Materi Pembelajaran
Mengaktifkan komputer
C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan Diskusi
Tanya Jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer
· Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan komputer
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Mengamati dan menunjukan nama dan fungsi tombol-tombol untuk mngaktifkan komputer
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Mendemontrasikan proses cold boot dengan langkah secara tepat dan benar
F Mendemontrasikan proses warm boot jika komputer hang dengan langkah secara tepat dan benar
§ Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
3. Kegiatan Penutup
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
· Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan komputer
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Mengamati dan menunjukan nama dan fungsi tombol-tombol untuk mngaktifkan komputer
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Mendemontrasikan proses cold boot dengan langkah secara tepat dan benar
F Mendemontrasikan proses warm boot jika komputer hang dengan langkah secara tepat dan benar
§ Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
3. Kegiatan Penutup
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
E. Sumber Belajar
· Komputer, Leptop, buku reverensi, lembar kerja.
· Buku Paket : Teknologi Informatika dan kamunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (KTSP 2006).
· Buku Paket : Teknologi Informatika dan Komunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004)
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 5 Tana Righu ( Melkianus Nono Toda, S. Pd ) Nip. 19661231 200112 1 033 | | Loko Ry, ……, ………………. 2012 Guru Mata Pelajaran. (Saifullah, S. Pd) |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP Negeri 5 Tana Righu |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 2. Mengenal dasar operasi komputer |
Kompetensi Dasar | : | 2.2 Mematikan komputer sesuai prosedur |
Alokasi Waktu | : | 1 x pertemuan ( 2 x 40 ) |
A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat komputer dalam keadaan hidup,peserta didik mampu :
· Menjelaskan Langkah-langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan mouse
· Menjelaskan Langkah-langkah mematikan komputer dengan menggunakan key board
B. Materi Pembelajaran
Mematikan komputer
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi
Tanya Jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan tombol-tombol untuk mengaktifkan komputer
· Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan komputer
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Menunjukkan tombol dan fungsinya untuk proses mematikan komputer
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik.
F Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan mouse dan keyboard
§ Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang cara mematikan komputer dengan prosedur yang benar.
E. Sumber Belajar
· Komputer, Leptop, buku reverensi, lembar kerja.
· Buku Paket : Teknologi Informatika dan kamunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (KTSP 2006).
· Buku Paket : Teknologi Informatika dan Komunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004)
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 5 Tana Righu ( Melkianus Nono Toda, S. Pd ) Nip. 19661231 200112 1 033 | | Loko Ry, ……, ………………. 2012 Guru Mata Pelajaran (Saifullah, S. Pd) |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP Negeri 5 Tana Righu |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer |
Kompetensi Dasar | : | 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating sistem dengan sistematis. |
Alokasi Waktu | : | 2 x pertemuan (4 x 40 menit) |
A. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat menggunakan shortcut pada desktop icon untuk mengaktifkan Windows Explorer dengan tepat.
- Peserta didik dapat membuka tampilan Windows Explorer melalui tombol Start dengan tepat.
- Peserta didik dapat membuat folder melalui menu bar pada layar Windows Explorer dengan tepat.
- Peserta didik dapat membuat folder baru melalui menu bar dengan tepat.
- Peserta didik dapat menyatukan file-file ke dalam satu folder dengan cara draging dengan tepat.
B. Materi Pembelajaran
Sistem operasi
Pengelolaan file dan folder
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi
Tanya Jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
· Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan Windows Explorer dalam managemen file dan folder.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Menjelaskan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Mendemonstrasikan cara mengaktifkan dan menggunakan windows explorer melalui desktop icon dengan bantuan mouse.
§ Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon.
F Pemberian tugas.
Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
· Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Menjelaskan cara mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Mendemonstrasikan cara mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.
§ Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.
Pertemuan ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
· Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Mendemonstrasikan cara membuat folder baru melalui menubar.
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Mendemonstrasikan langkah cara membuat folder baru melalui perintah shortcut.
F Menyalin, menghapus, file dari document yang ada ke folder yang baru dibuat
§ Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran tentang pembuatan folder baru.
F Pemberian tugas.
Pertemuan keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
· Memberika motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Menjelaskan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Mendemonstrasikan cara menyatukan file-file dengan cara draging.
§ Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
3. Kegiatan Penutup
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran tentang cara menyatukan file-file dengan cara draging.
E. Sumber Belajar
· Perangkat Komputer
· Buku Referensi
· Buku Paket : Teknologi Informatika dan kamunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (KTSP 2006).
· Buku Paket : Teknologi Informatika dan Komunikasi Jilid I Untuk SMP Kelas VII, Henry Pandia (Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004)
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 5 Tana Righu ( Melkianus Nono Toda, S. Pd ) Nip. 19661231 200112 1 033 | | Loko Ry, ……, ………………. 2012 Guru Mata Pelajaran (Saifullah, S. Pd) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar